Manfaat Iridoid

Manfaat Iridoid Dalam Tahitian Noni

Manfaat Iridoid

Iridoid merupakan bioaktif yang menjadi kunci beragam manfaat kesehatan Tahitian Noni, setidaknya selama 15 tahun terakhir merajai industry nutraseutikal (suplemen) dunia. Iridoid itu pula yang membedakan keunggulan eksotis noni dibandingkan dengan produk-produk superfruit maupun herbal Cina. Karena faktanya acai dan manggis yang diklaim superfruit itu sama sekali tidak mengandung bioaktif iridoid. Acai dan manggis tidak lebih dari foodplant laiknya jeruk atau papaya yang hanya mengandalkan flavonoid atau karotenoid, bukan murni medicinal plant seperti noni.


Manfaat Tahitian noni iridoid telah dinyatakan menentukan kualitas (stabilitas dan bioaktivitas) serta khasiat suatu produk nutraseutikal. Ini adalah fakta alamiah yang sebaiknya diketahui calon konsumen, terutama bila dihadapkan pada klaim suplemen yang janggal.

Keberadaan iridoid kian menambah kekuatan dan manfaat Tahitian noni iridoid, sehingga wajar sehingga iridoid dijuluki sebagai bioaktif primer. Meskipun demikian, kehebatan noni tetap tidak lepas dari peranan bioaktif lainnya, terutama proxeronin.

Beragam manfaat kesehatan Tahitian Noni yang mengandung bioaktif primer iridoid terbukti relevan dengan teori molekuler bioaktif terkini. Sebuah bioaktif dianggap hebat (superior) apabila terbukti mampu memulihkan atau mempertahankan homeostatis seluler pada tingkat genetic, epigenetic, dan proteomic.

Apapun masalah kesehatan yang dikeluhkan seseorang niscaya ada salah satu perangkat di atas – terutama protein – rusak atau tidak berfungsi secara normal. Ketika orang itu mengkonsumsi bioaktif superior seperti Tahitian noni Iridoid, maka tubuhnya akan merasakan kesehatan (efek preventif maupun tritmen) terhadap kemungkinan rusaknya struktur atau fungsi perangkat tersebut. Dalam pencapaian homeostatis sel, beragam bioaktif noni telah diteliti mampu berperan layaknya bioaktif superior (publikasi dan jurnal internasional). Hanya saja, para peneliti Tahitian Noni saat ini meyakini bahwa peran itu secara dominan dilakukan oleh Iridoid atas dasar keistimewaan molekulernya.

Iridoid sebagai peran utama
Bioaktif utama dalam noni adalah iridoid.

 

Iridoid telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi bahaya radikal bebas, mengontrol kolestrol, meningkatkan energi, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah mutasi sel, dan mendukung kesehatan kerja otak.

Iridoid merupakan “phytochemical” luar biasa yang diproduksi oleh tumbuhan sebagai suatu daya tahan terhadap infeksi dan agresi/ancaman lainnya. Iridoid ditemukan dalam jumlah yang cukup besar dari suatu tanaman, yang tidak terdapat secara umum dalam buah-buahan.

Sekilas tentang Iridoid:

  • Merupakan phytokimia bioaktif yang sangat jarang terdapat dalam buah-buahan.
  • Berbeda dengan flavonoid, yang banyak terdapat dalam segala macam buah.
  • Memiliki berbagai ragam “bioactivities”.
  • Sangat stabil dan tahan terhadap degradasi selama proses pengolahan dan penyimpanan, tidak seperti flavonoid.
  • Merupakan bioaktif* utama dalam Tahitian Noni.

 

Bioaktif adalah zat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki manfaat kesehatan dalam tubuh.

Untuk Info Lebih lanjut Klik di Sini……………………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

UA-51492682-4